Guru SMAN 1 Parakan Mengikuti Pelatihan Membuat Buku

Guru mulia karena karya, itulah tagline yang selalu didengungkan oleh mantan Menteri Pendidikan Nasional Anies Baswedan. Tagline itulah yang berusaha untuk diterapkan di SMAN 1 Parakan. Wujud nyata awal, para guru mengikuti berbagai pelatihan karya tulis dan publikasi lainnya untuk mengembangkan kempuan dasar dalam menulis. Salah satu pelatihan yang diikuti adalah Pelatihan Penulisan buku, yang diselenggrakan oleh PGRI pada tanggal 13-15 September 2019 bertempat di Pendopo Pengayoman Kab. Temanggung. Pada kesempatan itu SMAN 1 Parakan mengirimkan lima guru untuk mengikuti kegiatan tersebut, yaitu: Endri Kurniawan, S.Pd, Supriyo, S.Pd, Um Hidayati, S.Pd, Winarni, S.Si, Heti Suhaeti, S.Pd.


(guru SMAN 1 Parakan berfoto dengan narasumber Prof. Katsujiro Ueno dari Jepang)


Total peserta yang mengikuti pelatihan tersebut berjumlah 253 orang dari berbagai jenjang sekolah. Seluruh peserta dilatih untuk menulis buku sastra khususnya dalam bidang sastra puisi, cerpen, novel. Panitia akan memfasilitasi proses penerbitan buku sampai memperoleh ISBN.

Acara tersebut dibuka oleh Ahmad Saryono, S.Pd, M.Pd sebagai Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah raga Kab. Temanggung. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pentingnya para guru dalam berkreasi dan berinovasi sehingga pembelajaran akan lebih bemakna.

Dalam acara pelatihan penulisan buku tersebut menghadirkan pembicara yang sudah ahli dalam bidangnya, yaitu: Profesor Katsujiro Ueno dari Universitas Jepang, Roso Titi Sarkoro (sastrawan Temanggung), Darmadi, M.Pd (mantan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Temanggung), serta Suprapto, M.Pd (Tim Sekretariat PAK Temanggung).

Profesor Katsujiro Ueno menyampaikan materi yang mampu menginspirasi peseta pelatihan. Beliau menyampaikan materi tentang budaya literasi dan menulis di Jepang sudah dibiasakan sejak anak berumur 3 tahun. Selain itu ada tahapan untuk menghafalkan huruf kanji. Dan untuk mendukung program literasi negara Jepang menyediakan ATM buku bacaan.

Dengan mengikuti program pelatihan penulisan buku tersebut, diharapkan para guru SMA N 1 Parakan dapat berkarya dan beriovasi dalam pembelajaran. (ED).