SMANPA Berlian, Raih Juara 2 Best Practice IKM Provinsi Jawa Tengah

Peningkatan mutu terus dilakukan oleh SMA Negeri 1 Parakan. Bukan hanya dalam bidang sarpras, tapi tahun ini bersama Ibu Aisjah, S.Pd., M.Pd. SMANPA bertekad untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam pendidikan. Salah satu yang sedang dikembangkan adalah Implementasi Kurikulum Merdeka. 

Sejak awal tahun ajaran 2022/2023 seluruh stakeholder SMA Negeri 1 Parakan telah menerima sosialisasi tentang pelaksanaan IKM ini. Guru sebagai unsur penting dalam pelayanan pendidikan di sekolah telah beberapa kali menerima materi IKM dalam IHT dan Workshop. Beberapa workshop yang telah dilaksanakan yaitu Asesmen dalam IKM, Pelatihan Modul Ajar, dan Pembelajaran Berdiferensiasi. 

Selain pelatihan, SMANPA memiliki Komunitas Praktisi Pembelajaran Berdiferensiasi yang beranggotakan beberapa guru. Komunitas ini bertujuan untuk berbagi pengalaman tentang pembelajaran berdiferensiasi yang telah dipraktikkan. Guru yang ikut dalam komunitas ini juga menjadi tutor sebaya yang bertugas memberikan masukan dan mendampingi guru lain agar mampu mempraktikkan pembelajaran berdiferensiasi dengan baik.

Berangkat dari potensi dan praktik IKM yang telah dilakukan, SMANPA ikut serta dalam kompetisi best practice Implementasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan oleh FMIPA UNNES. Dalam ajang bergengsi ini, SMANPA meraih juara 2 best practice Implementasi Kurikulum Merdeka tingkat SMA se-provinsi Jawa Tengah. Ibu Aisjah, S.Pd., M.Pd. berharap "Semoga akan selalu lahir praktik baik IKM di SMA Negeri 1 Parakan, baik dari guru, siswa, dan stakeholder yang lain".