BINA IMAN-TAKWA PARA GURU DAN KARYAWAN, SMAN 1 PARAKAN ADAKAN KAJIAN RUTIN

        Semangat bapak/ibu guru dan karyawan sangat tinggi dalam mendalami ajaran agama. Hal ini ditandai dengan kerjasama yang dilakukan SMA Negeri 1 Parakan dengan Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Bentuk kerjasamanya adalah dengan mengadakan kajian rutin setiap Jumat Kliwon.

        Pelaksanaan kajian perdana berlansung di masjid Ulul Albab SMA Negeri 1 Parakan pada hari Jumat Kliwon 10 Maret 2023. Kementerian Agama kabupaten Temangung mengutus Bp. Agus Efendi, S.Pd.I, M.Ag selaku muballigh. Beliau adalah salah satu penyuluh agama Islam yang berkantor di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Parakan. Acara dimulai tepat pukul 13.00 WIB dan selesai pukul 14.00 WIB.

        “Sebagai seorang muslim, kita wajib menjaga iman dan Islam sampai mati,” ungkap Pak Agus setelah membuka mau’idhah hasanah-nya dengan tahmid dan shalawat. “Sebab, keselamatan bapak dan ibu itu terdapat di penghujung hayat. Maka setiap kita beramal, kita juga harus berdoa kepada Allah untuk mematikan kita dalam keadaan khusnul khatimah, yaitu tetap dalam keadaan yakin akan Allah dan masih  menjalankan syariatnya.” Lanjutnya seraya memandangi bapak/ibu yang menjadi pendengar.

         Beliau melanjutkan: “Setiap manusia harus bersyukur saat bangun tidur masih menemukan 3 hal ini dalam dirinya ; [1] Aman. Jika saat bangun tidur, kita bangun dalam keadaan tenang, maka itu merupakan keadaan aman. [2] Kondisi prima, jika bangun kita tidak sakit, maka kita dalam kondisi sehat [3] Punya perbekalan. Jika bangun kita tidak perlu berfikir saat ini makan apa, berarti kita masih punya perbekalan.”

         Pak Agus sapaan akrabnya, mengambil contoh ulama yang dihormati tidak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Dialah Buya HAMKA (Haji Abdul Malik Karim Amrullah). Salah satu ungkapannya: “Kalau kerja hanya kerja, kerbau di sawah juga bisa kerja.” Pelajaran yang bisa diambil dari kalimat ini adalah bahwa kita harus bekerja, namun pekerjaan kita tidak boleh sama dengan pekerjaan kerbau. Tapi harus ada kualitas yang berbeda dan lebih baik karena kita adalah manusia.

        “Yunahar Ilyas memberikan 3 tips agar kita semangat dalam bekerja. Yang pertama, menganggap pekerjaan adalah sebagai anugrah. Jika kita menganggap pekerjaan sebagai anugrah, maka kita akan bekerja dengan sepenuh hati. Yang kedua, pekerjaan adalah ibadah. Niat bekerja adalah niat ibadah. Maka setiap pekerjaan kita akan dinilai ibadah dan diberikan pahala oleh Allah. Yang ketiga, pekerjaan adalah amanah. Jika diberikan amanah, maka yang harus dilakukan adalah menjalankannya dengan sebaik-baiknya. Jika tidak, otomatis amanah tersebut tidak terlaksana dengan baik.”

        Demikian untaian nasehat Pak Agus untuk Bapak/Ibu Guru dan Karyawan agar senantiasa semangat dalam menjalani pekerjaan di SMA Negeri 1 Parakan yang luas ini. Wallâhu A’lam....