LATIH MENTAL, SISWA DIBINA MENJADI KHATIB JUMAT DI SMA NEGERI 1 PARAKAN

Salah satu siswa dari kelas XI Mipa 3, Muhammad Asyhar Khiyarul Kafi menunjukkan bakatnya dalam menyampaikan khutbah Jumat di masjid Ulul Albab SMA Negeri 1 Parakan. Asyhar sapaannya, menyampaikan khutbah Jumat dengan judul ‘Pembinaan Generasi Muda’ dengan lancar dan fasih. Baik di rukun khutbah Jumat yang meliputi bacaan tahmid, shalawat, wasiat taqwa dan ayat Al-Qur’an.

       Dalam khutbah tersebut, khatib menyampaikan kepada jamaah yang rata-rata adalah kawan-kawan seumurannnya di SMA bahwa; “Islam 14 abad silam melalui lisan Nabi Muhammad SAW telah menegaskan pentingnya peranan kaum muda bagi suatu bangsa. Rasulullah begitu cermat dan serius dalam melakukan pembinaan kepada kaum muda, di antaranya seperti Ali bin Abu Thalib, Usamah bin Zaid, Ibnu Abas, Ibnu Umar, dan sebagainya. Terbukti pada akhirnya orang-orang tersebut di kemudian hari memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan Islam pada masa-masa berikutnya.

       Sebelum mengakhiri khutbahnya, Asyhar memberikan semangat kepada generasi muda: “Sebagai tulang punggung bangsa, kaum muda harus dipersiapkan sedini mungkin dengan melalui program-program pendidikan akhlak dan intelektual yang sistematis, sesuai dengan dicontohkan Rasulullah. Sehingga, nantinya mereka menjadi manusia yang mengenal jatidirinya, bermanfaat, dan bertanggung jawab terhadap bangsa dan negaranya

        Pelaksanaan ibadah Jumat yang berlansung pada 20  Januari 2023 terasa tambah khidmat dengan 2 rekaat shalat yang dipimpin Bp. Andi Luqmanul Qosim. Apalagi ditambah deru suara hujan yang turun berbarengan membasahi bumi dengan membawa rahmat Allah untuk umat manusia.