Unik, Gelar Karya P5 SMANPA Angkat Tema Pengantin Adat Temanggung

Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) kedua SMANPA tahun ini mengangkat tema kearifan lokal dengan subtema Pengantin Adat Khas Temanggung. Tema ini diambil dengan tujuan untuk mengedukasi siswa tentang pengantin adat Temanggung yang berbeda dengan adat pengantin di daerah lain. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 20 Desember 2022 dan dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah VIII, Ibu Dr. Ni'mah Nurbaety, M.Pd., Pengawas SMA, MKKS Kabupaten Temanggung, dan perwakilan wali siswa kelas X. Kacabdin menyampaikan sambutan dan apresiasi kepada SMA N 1 Parakan. 

"Baru SMA N 1 Parakan yang melaksanakan gelar karya dengan mengambil tema pengantin adat khas gaya Temanggung-an. Mari nanti sama-sama kita saksikan setiap prosesi panggih yang akan diperagakan oleh siswa-siswi SMAN 1 Parakan".

Adapun peraga pengantin, bapak ibu pengantin, bondhan, endhang, dan juru sembada disimulasikan oleh perwakilan kelas X yang terpilih. Selain itu, siswa kelas X yang lain berperan menjadi among tamu, penyedia souvenir yang dibuat sendiri, dan penyaji makanan khas Temanggung.

Selain menampilkan prosesi panggih pengantin, siswa kelas X menyajikan berbagai jajanan dan makanan khas Temanggung, di antaranya wajik, mendhut, klemet, cithak, sego gono, dan lainnya. 

Kegiatan ini berjalan lancar dengan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, seperti HARPI (Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia) Kabupaten Temanggung, Agung Decoration, Permadani Temanggung, dan FrandArt Photography.