MAULID NABI MUHAMMAD S.A.W: Islamic CHARACTER BUILDING BAGI SISWA SMAN 1 PARAKAN

 SMA Negeri 1 Parakan terus menggaungkan pembentukan karakter para siswa melalui berbagai kegiatan, diantaranya melalui peringatan maulud Nabi Agung Muhammad s.aw.  Perayaan maulud nabi dimulai dengan doa bersama pada Jum’at, 14 Oktober 2022 diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan.  Kegiatan do’a bersama dilaksanakan selama 30 menit, dan bekerja sama dengan pengasuh pondok pesantren  yang ada di lingkungan Kecamatan Parakan. Acara puncak peringatan maulud nabi Muhammad s.a.w dilaksanakan pada 21 Oktober 2022,   bekerja sama dengan leadership academy dan mengangkat tema Islamic character building through maulud nabi Muhammad s.aw.  

 Proses perayaan maulid Nabi Muhammad SAW  ini diawali dengan pembacaan ayat suci alqur’an, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, dan sambutan dari Kepala SMAN 1 Parakan .  Dalam sambutannya ibu Aisjah, S.Pd., M.Pd  mengajak para hadirin menjadikan peringatan maulud nabi Muhammad s.aw. sebagai momentum untuk bebenah diri, dan merefleksikan diri dalam melaksanakan sunnah Rasulullah s.aw. Kepada para siswa Kepala SMAN 1 Parakan ini berpesan untuk terus  meningkatkan akhlakul karimah, dimulai dengan menumbuhkan sifat rahman, saling menyayangi dan menghargai terhadap orang tua, guru, karyawan, dan teman. Membiasakan diri bersikap lemah lembut  dalam sikap, dan tutur kata. Sebagai closing statement Kepala SMAN 1 Parakan menyampaikan bahwa akhlakul karimah akan selalu berbading lurus dengan kemulyaan, dan kesuksesan.  

 Acara inti dari leadership academy , meliputi commitment and love to prophet Muhammad s.aw. in aim, dan leadership academy opening and building academi commitment. Kegiatan ini diikuti secara bergantian, dimulai siswa kelas XII pada pukul 07.15 sd 09.30, siswa kelas XI pada pukul 10.00sd 11.30, dan siswa kelas X pukul 13.00 sd 14.30. Rangkaian kegiatan yang dipandu leadership academy ini mengajak para siswa untuk melatih menjadi pemimpin, renungan, dan motivasi untuk memiliki akhlak seperti Rasulullah SAW. (icha70&rohmah)