Peringati Hari Tanpa Plastik dengan Makan Ikan Bersama

Ikan merupakan komoditas hasil laut di Indonesia yang cukup besar. Ikan dikenal sebagai sumber protein. Sayangnya masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi ikan masih sangat rendah. Hal ini terjadi karena masih banyak masyarakat yang memilih untuk memakan ayam atau daging. Dalam mendukung terlaksananya masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi ikan, SMA Negeri 1 Parakan melaksanakan kegiatan makan ikan bersama. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan di SMA N 1 Parakan. 


Ikan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya yaitu membantu pertumbuhan otak dan tulang pada anak. Hal ini karena ikan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak, vitamin D, mineral kalsium, dan mineral fosfor yang  dibutuhkan anak dalam pertumbungan tulangnya.

Selain itu untuk mendukung gerakan mengurangi sampah plastik, kegiatan makan ikan bersama menggunakan alas daun. Agata salah satu peserta didik kelas XI mengatakan “Kegiatan hari ini menyenangkan Bu, saya belum pernah melaksanakan kegiatan seperti ini. Besok-besok lagi ya bu”.