NEWS UPDATE :  

Berita

Siswa SMA N 1 Parakan Ciptakan Minuman dari Daun Kelor

Sumber daya alam SMA N 1 Parakan sangat beragam. Salah satunya adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat, yakni tanaman kelor. Tanaman dengan nama lain Marunggai atau dalam bahasa ilmiah Moringa Oleifera ini adalah jenis tanaman dari suku Moringaceae. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 7-11 meter. Untuk bentuk daun tanaman ini adalah bulat telur dengan memiliki ukuran yang kecil tersusun majemuk tangkai pohon. Tanaman kelor ini ada beberapa yang tumbuh di lingkungan SMA N 1 Parakan. Tetapi, hanya di tebang setelah tinggi dan kemudian besar, ditebang kembali, begitu seterusnya. Daun kelor ternyata memiliki banyak manfaat dan sayang sekali jika dibiarkan untuk dibuang. Berbagai manfaat yang didapat tak lepas dari kandungan yang terdapat dar tanaman ini, yaitu histidini, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylaline, threonine, dan valine. Berdasarkan hal tersebut akhirnya tim ekstrakurikuler kewirausahaan berusaha untuk mengolah tanaman ini menjad hal yang lebih bermanfaat.


Daun kelor yang sudah dikeringkan


Tujuan pembuatan masker wajah organik yaitu mengembangkan kreativitas peserta didik dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekolah. Selain itu juga mengembangkan keterampilan peserta didik dibidang ekstrakurikurikuler kewirausahaan. Hasil yang didapatkan dari pengolahan tanaman kelor, khususnya pada bagian daun yakni minuman berkhasiat. Minuman daun kelor ini dinamai "Moringa Leaf Drink". Adapun cara pembuatan minuman daun kelor ini yaitu:

  1. Memetik daun kelor yang ada di lingkungan sekolah
  2. Daun kelor yang sudah dipetik, kemudian diletakkan pada suatu wadah dan dikeringkan pada kulkas dalam keadaan terbuka. Cara ini dilakukan agar serbuk yang dihasilkan tetap hijau. Waktu pengeringan kurang lebih 10 hari
  3. Setelah kurang lebih 10 hari, daun yang kering siap untuk dilarutkan dalam air mendidih.
  4. Menyiapkan air dan memanaskan air hingga mendidih. Daun kelor yang telah kering dimasukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Aduk dan tunggu beberapa saat.
  5. Setelah air berubah warna menjadi kuning angkat kemudian saring. Minuman siap disajikan.



Sambutan Kepala Sekolah

Assalamu’alaikum wr.wb

Alhamdulillahirabbil’alamin puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan RahmatNYA sehingga up grade website SMA Negeri 1 Parakan terwujudkan, dengan semangat baru menuju  Educulture and eduentrepreneur school

Website SMAN 1 Parakan merupakan salah satu sumber informasi bagi seluruh warga SMAN 1 Parakan dan masyarakat, yang bertujuan untuk mendayagunakan literasi seluruh warga sekolah dan masyarakat. Semoga dengan up grade website ini dapat memudahkan pencapaian visi, misi, dan tujuan  SMAN 1 Parakan.

 Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh warga  SMAN 1 Parakan, segenap stakeholders, cabang dinas wilayah VIII, dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah yang telah mendukung dalam up grade website ini.

Terus kembangkan karya dengan hati untuk wujudkan mimpi negeri.

Wassalamu’alaikum 

 




Parakan , 11 Januari 2022

Kepala Sekolah

 AISJAH, S.Pd., M.Pd