Siap Jalankan SKS, SMANPA Gelar Sosialisasi

Tahun ajaran baru ini SMA Negeri 1 Parakan akan melaksanakan program pembelajaran Sistem Kredit Semester (SKS). Menurut Retno Herwanti (Kepala SMA Negeri 1 Parakan), sistem ini dibuat untuk melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan dan potensi belajar yang beragam.



Penyelenggaraan SKS merupakan perwujudan pasal Ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal ini memenyatakan bahwa “Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak, antara lain: mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya; dan menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan.

Dalam rangka mendukung program ini, SMANPA berupaya menyamakan persepsi seluruh stakeholder yang akan terlibat di dalamnya. Endri Kurniawan selaku Waka Kurikulum dan Tim SKS menyampaikan bahwa SMANPA telah melakukan sosialisasi kepada guru dan siswa. Sosialisasi kepada calon siswa dilakukan saat kegiatan Try Out SMP (8/03/2020), menurut Endri kegiatan ini sangat efektif untuk memberikan promosi kepada calon siswa yang berminat untuk melanjutkan di SMANPA. Selain itu, sosialisasi juga dilakukan kepada seluruh guru SMANPA.
Retno berharap program ini dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan dampak baik bagi siswa dan sekolah, serta SMANPA dapat menjadi pelopor sekolah penyelenggara SKS di Kabupaten Temanggung.