SMAN 1 Parakan menyambut Adiwiyata Nasional

      Dalam rangka menyambut penilaian adiwiyata nasional, SMAN 1 Parakan melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kepedulian warga sekolah untuk membudayakan hidup peduli lingkungan, sehat, serta bersih. Hal ini diwujudkan dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada hari jumat (13/9). Kegiatan tersebut antara lain: gerakan seribu orang menangkal radikal bebas, kebersihan massal, sosialiasi manfaat makan ikan dan susu dari puskesmas Traji, dilanjutkan makan ikan dan minum susu bersama.







      Gerakan seribu orang menangkal radikal bebas dilakukan dengan melibatkan seribu orang yang terdiri dari siswa SMAN 1 Parakan, guru karyawan, orang siswa, alumni. Posisi SMAN 1 Parakan berada di pinggir jalan raya yang dilalui banyak kendaraan sehingga menimbulkan banyak polusi. Untuk mengurangi polusi udara dilakukan gerakan tersebut. Tanaman yang ditanam, antara lain sansivera, trembesi, puring, tabebuya. Tanaman tersebut merupakan hasil donasi siswa, guru dan karyawan, alumni serta orang tua siswa. Sebelum menanam diawali dengan kebersihan massal di sekolah.

      Setelah selesai melakukan gerakan seribu orang menangkal radikal bebas, dilanjutkan dengan sosialisasi kesehatan dari Puskesmas Traji mengenai kandungan gizi ikan dan susu segar. Kemudian dilanjutkan dengan acara gerakan makan ikan bersama dan gerakan minum susu bersama di aula SMAN 1 Parakan.     

      Slamet Waluyo, S.Pd, M.M selaku ketua Tim Adiwiyata SMAN 1 Parakan menyampaikan bahwa gerakan seribu orang menangkal radikal bebas, gerakan makan ikan bersama, gerakan minum susu bersama sebagai wujud komitmen sekolah dalam rangka menciptakan sekolah yang sehat dan peduli lingkungan. Beliau berharap bahwa kegiatan tersebut dapat membudayakan di lingkungan sekolah dan rumah.

       Dra. Retno Herwanti, M.Pd selaku kepala SMAN 1 Parakan yang baru akan mendukung berbagai kegiatan sekolah untuk menuju sekolah adiwiyata, beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa sangat mendukung kegiatan hari ini dan kedepan akan ada berbagai kegiatan untuk mendukung adiwiyata. (ED)